KLIK
KLIK

Demi Kenyamanan Wisatawan, Candi Prambanan Dipasang CCTV

Oleh: Heri Sumantri

Berfungsi sebagai alat pemantau kenyamanan dan keamanan para wisatawan asing maupun domestik yang mengunjungi area situs bersejarah Candi Prambanan, pengelola Candi Prambanan memasang Televisi sirkuit tertutup (bahasa Inggris: Closed Circuit Television (CCTV) di antara candi-candi tersebut.

"CCTV itu untuk memantau kenyamanan pengunjung yang sedang naik turun candi," ungkap salah seorang satuan keamanan (Satpam) Candi Prambanan, Sabtu (30/8) siang.

Ia juga menambahkan bahwa CCTV juga berfunsi sebagai pemantau terjadinya pencurian batu-batu candi terhadap oknum yang tidak bertanggungjawab. Bahkan pihak Pengelola Candi Prambanan yang terletak di pinggiran kota Sleman, Yogyakarta ini dapat melihat seluruh kota Jogjakarta melalui CCTV yang dipasang di puncak Candi Prambanan.

"Kami akan awasi dengan CCTV jika ada yang mengambil batu atau apapun dan akan kami tindak tegas, tentunya ada dendanya," lanjutnya.

Pemasangan CCTV cukup banyak dipuncak-puncak Candi, dan perlu pasreaders ketahui ternyata Candi Prambanan sudah dilengkapi CCTV sejak 4 tahun yang lalu, sekitar tahun 2010.



--- 0 ---